Sekilas Peta Penyebaran Awal Qira’at



Qira’at ditetapkan berdasarkan sanad-sanadnya sampai kepada Rasulullah.

Periode qurra’ (ahli atau imam qira’at) yang mengajarkan bacaan Al-Qur’an kepada orang-orang menurut cara mereka masing-masing adalah dengan berpedoman kepada masa para sahabat.

Di antara para sahabat yang terkenal mengajarkan qira’at adalah Ubayy, Ali, Zaid bin Tsabit, Ibn Mas’ud, Abu Musa Al-Asy’ari, dan lain-lain. Dari mereka itulah sebagian besar sahabat dan tabi’in di berbagai negeri belajar qira’at. Keseluruhannya bersandar kepada Rasulullah.

Az-Zahabi menyebutkan dalam Tabaqatul Qurra’, bahwa sahabat yang terkenal sebagai guru dan ahli qira’at Al-Qur’an ada tujuh orang, yaitu: Usman, Ali, Ubayy, Zaid bin Tsabit, Abu Darda, dan Abu Musa al-Asy’ari.

Beliau juga menjelaskan bahwa segolongan besar sahabat mempelajari qira’at dari Ubayy, di antaranya Abu Hurairah, Ibn Abbas, dan Abdullah bin Sa’ib.

Ibn Abbas sendiri belajar kepada Zaid. Kemudian kepada para sahabat itulah menjadi tempat para tabi’in menggali ilmu tentang qira’at.

Kemudian pada permulaan abad pertama Hijriah di masa tabi’in, tampillah sejumlah ulama yang bertekad serta fokus terhadap masalah qira’at secara komprehensif karena keadaan menuntut demikian, dan menjadikannya sebagai suatu disiplin ilmu yang berdiri sendiri sebagaimana mereka lakukan terhadap ilmu-ilmu syari’at lainnya, sehingga mereka menjadi imam dan ahli qira’at yang diikuti dan dipercaya.

Dari generasi mereka dan sesudah mereka muncul tujuh imam qira’at terkenal, yaitu Abu Ja’far Yazid bin Qa’qa’, dan Nafi’ bin Abdurrahman (semuanya dari Madinah).

Ahli qira’at di Mekkah antara lain Abdullah bin Katsir dan Humaid bin Qais.

Di Kufah adalah ‘Ashim bin Abun Najud, Sulaiman al-A’masy, kemudian Hamzah kemudian al-Kisa’i.

Di Basrah ada Abdullah ibn Abu Ishaq, Isa ibn ‘Amr, Abu ‘Amr ‘Ala, ‘Asim al-Jahdari, dan Ya’kub al-Hadrami.

Sedangkan di Syam adalah Abdullah bin ‘Amir, Ismail bin Abdullah bin Muhajir, kemudian Yahya bin Haris, kemudian Suraih bin Yazid al-Hadrami.

Dari banyak imam tersebut, terdapat tujuh imam yang paling terkenal yaitu Abu ‘Amr, Nafi’, ‘Ashim, Hamzah, al-Kisa’i, Ibn ‘Amir, dan Ibn Katsir.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sekilas Peta Penyebaran Awal Qira’at"

Posting Komentar